Para Pahlawan Ini Bantu Persalinan di Udara

Serba-Serbi Sehat / 5 November 2012

Kalangan Sendiri

Para Pahlawan Ini Bantu Persalinan di Udara

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3445

Dalam kondisi tertentu, siapa saja bisa menjelma jadi pahlawan. Seorang wanita mendadak melahirkan didalam pesawat yang berada di atas ketinggian 33.000 kaki. Alhasil para penumpang dan pramugari menjadi seorang bidan yang membantu proses kelahiran bayi perempuan tersebut.

Dilansir dari situs berita Rusia, RT, Rabu (10/10/2012), Aeroflot, salah satu maskapai penerbangan di Rusia, menjadi saksi bisu atas peristiwa ini. Pesawat yang tengah dalam perjalanan dari Ukraina menuju Moskow dikagetkan dengan seorang penumpang wanita yang sedang hamil 8 bulan dan mengeluh sakit di perutnya. Tidak berselang lama, air ketuban wanita itu pecah.

Dengan sigap, pramugari langsung menempatkan wanita tersebut di bagian belakang pesawat. Sesaat kemudian, wanita ini berujar ingin melahirkan. Pilot pun langsung meminta pendaratan darurat di Kharkiv, Ukraina.

Beruntung, ada suster di dalam pesawat tersebut. Mereka adalah Anastasia Kozlova dan Sofia. Keduanya pun segera membantu wanita yang akan melahirkan tersebut dengan peralatan seadanya. Setelah sekitar 12 menit dilahirkan, ternyata sang bayi tidak bernafas.

"Saya tahu kasus seperti itu, dokter kandungan biasanya menggunakan perangkat khusus seperti pompa listrik untuk memompa cairan dari mulut dan hidung bayi untuk membebaskan saluran udara bayi. Karena tidak ada pompa listrik, saya harus menyedot lendir keluar melalui mulut," kata Sofia.

Tindakan heroik pun dilakukan Sofia agar bayi itu selamat. “Setelah menghapus lendir, Sofia melakukan CPR dan memijat dada bayi dengan lembut. Lalu, bayi tersebut terlihat bernafas dan menangis," kata salah seorang penumpang yang berada di dalam pesawat tersebut.

Setelah mendarat, sang ibu dan bayinya langsung dilarikan ke rumah sakit. Dokter pun memuji tindakan suster yang membantu proses kelahiran bayi tersebut. Tindakan suster dinilai sangat tepat untuk menyelamatkan nyawa bayinya. Menurut layanan pers Bandara Kharkiv, bayi perempuan tersebut memiliki berat 1,05 kilogram dan berada dalam 'kondisi memuaskan'.

Sumber : detik/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami